June 3, 2018

The Story of Stella Maris

The Story of Stella Maris

Unduh The Story of Stella Maris di Google Drive

Stella Maris merupakan salah satu gelar yang disandang Bunda Maria. Nama ini berasal dari bahasa Latin, yang berarti bintang lautan. Menariknya, nama Stella Maris sebenarnya berasal dari kesalahan penyalinan.

Ketika itu, St. Hieronimus tengah menerjemahkan kitab suci dari bahasa Ibrani ke bahasa Latin. Dalam bahasa Ibrani, nama Maria berasal dari gabungan kata “mar” dan “yam”. “Mar” sendiri artinya tetesan dan “yam” artinya laut. St. Hieronimus kemudian mengartikan Maryam sebagai Stilla Maris yang berarti tetesan air laut.

Dari sinilah kesalahan mulai muncul. Kala itu, rakyat di Roma sering mengganti pengucapan huruf /i/ menjadi /e/. Kebiasaan ini pun menyebabkan rakyat salah menyebut Stilla Maris’menjadi Stella Maris. Penyebutan yang salah ini kemudian terbawa menjadi kesalahan penyalinan saat publikasi. Akhirnya, istilah Stella Maris menjadi lebih populer daripada Stilla Maris.

Selain itu, Stella Maris juga sebutan untuk bintang Polaris, yang disebut dengan α UrsaeMinoris. Bintang ini adalah yang paling terang dalam rasi Ursa Minor dan juga disebut sebagai North Star. Oleh karena itu, bintang ini kerap digunakan para pelaut untuk panduan arah berlayar. Tak mengherankan kalau kemudian Stella Maris dikenal dengan sebutan Star of The Seas alias bintang lautan